Memiliki ide yang bagus
dan membangun suatu tim karyawan untuk
membawa konsep menjadi aksi adalah langkah pertama dalam menciptakan sebuah
usaha bisnis yang sukses. Ketika untuk menemukan ide baru dan unik cukup
langka, maka kemampuan melaksanakan ide menjadi kesuksesan merupakan hal yang
membedakan antara pemimpin dari pengusaha. Namun jika anda melihat diri sendiri,
berapapun usia anda dan anda segera mengambil langkah pertama untuk
memperkerjakan karyawan, maka anda telah mengambil langkah-langkah pertama
untuk menjadi seorang pemimpin yang kuat. Ketika terjadi uang ketat, tingkat
stres yang tinggi, dan visi kesuksesan instan tidak terjadi seperti yang anda
pikir, maka hal ini menyebabkan timbulnya emosi pada anda dan juga tim anda.
Ambil napas, tenangkan, dan ingatkan diri anda adalah seorang pemimpin atau keinginan
menjadi pemimpin. Berikut adalah beberapa kualitas kunci yang harus dimiliki setiap
pemimpin dan belajarlah untuk lebih fokus.
Kejujuran
Apapun etika yang menahan
diri anda, apalgi ketika anda bertanggung jawab terhadap suatu tim karyawan, penting untuk meningkatkan standar
etika yang lebih tinggi. Bisnis anda dan karyawan adalah refleksi dari diri
anda, dan jika anda menjadikan kejujuran dan perilaku etis sebagai nilai kunci,
maka tim anda akan mengikutinya. Cobalah untuk membuat daftar nilai dan
keyakinan inti yang mewakili anda dan merek anda, dan tempelkan di papan
pengumuman kantor anda. Promosikan gaya hidup sehat antar bagian kantor dan dorong
tim anda untuk memenuhi standar tersebut. Dengan menekankan standar-standar ini
dan menampilkan diri mereka sendiri, maka harapan anda akan dapat mempengaruhi
lingkungan kantor menjadi ruang kerja yang ramah dan membantu.
Kemampuan
untuk mendelegasikan
Menangani visi merek
anda adalah penting untuk menciptakan sebuah bisnis yang terorganisir dan efisien, tetapi jika anda
tidak mempercayai tim anda melaksanakan visi itu, mungkin anda tidak akan pernah
maju ke tahap berikutnya. Penting untuk diingat bahwa mempercayaikan ide anda
kepada tim, merupakan suatu kekuatan, bukan kelemahan. Mendelegasikan tugas ke bagian
yang tepat adalah salah satu keterampilan penting yang dapat anda kembangkan pada
bisnis anda. Kunci untuk mendelegasikan adalah identifikasi kekuatan tim anda
dan manfaatkan kekuatan mereka. Cari tahu pekerjaan apa yang masing-masing
anggota tim dapat menikmatinya. Jika mereka menemukan tugas yang lebih
menyenangkan, mereka mungkin akan mencurahkan seluruh pemikiran dan upaya pada
tugas tersebut. Hal ini tidak hanya akan membuktikan kepada tim anda bahwa anda
percaya dan yakin kepada mereka, sehingga anda dapat lebih fokus pada
tugas-tugas lain yang lebih penting, yang biasanya tidak boleh didelegasikan.
Komunikasi
Mengetahui apa yang anda
ingin capai mungkin tampak jelas di kepala anda, tetapi jika anda mencoba untuk
menjelaskan kepada orang lain dan bertemu dengan ekspresi wajah yang kosong, inilah
masalahnya. Jika hal ini telah menjadi pengalaman anda, maka anda mungkin ingin
fokus untuk melatih keterampilan
komunikasi anda. Kemampuan menjelaskan secara ringkas tentang apa yang anda
inginkan merupakan hal sangat penting. Jika
anda tidak mampu menerjemahkan visi anda kepada tim, maka tim tidak akan
bekerja menuju tujuan yang sama. Pelatihan anggota baru dan menciptakan lingkungan
kerja yang produktif tergantung pada cara
berkomunikasi yang sehat. Apakah itu
berasal dari kebijakan terbuka di kantor anda
atau membuat budaya untuk berbicara dengan staf anda setiap hari, serta
membuat diri anda siap sedia untuk membahas isu-isu antar kantor merupakan hal sangat
penting. Tim Anda akan belajar untuk mempercayai dan bergantung pada anda dan tidak
ragu-ragu untuk bekerja lebih keras.
Selera
humor
Jika situs web anda
bermasalah, anda akan kehilangan klien besar
atau dana anda menyusut, sehingan anda perlu membimbing tim anda untuk
tidak panik menghadapi masalah tersebut. Moral berkaitan dengan produktivitas,
hal ini merupakan tugas anda sebagai pemimpin tim untuk menanamkan energi
positif. Dalam hal ini, rasa humor akan dapat mencairkan suasana moral tim.
Mendorong tim anda untuk menertawakan kesalahan bukannya malah menangisi
kesalahan. Jika anda terus menyampaikan humor, lingkungan kerja menjadi sehat
dan membahagiakan para anggota tim untuk berkerja dengan senang hati. Buatlah lelucon dengan tim anda dan mendorong
adanya diskusi pribadi tentang rencana perjalanan akhir pekan. Hal ini
merupakan istirahat singkat dari tugas rutin sehingga membantu menjaga tingkat
produktivitas dan semangat kerja yang tinggi. Salah satu tradisi yang biasa
dilakukan agar rasa kedekatan anggota tim menjadi padu adalah membawa humor
kepada semua karyawan baru pada hari pertama mereka masuk kerja sehingga dapat
memecah kebekuan antar karyawan dan segera dapat menciptakan rasa keakraban.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar