Langkah Keempat: Pra-produksi
dan penataan informasi
Proses pengemasan
informasi dalam berbagai format selalu berkembang setiap waktu akibatnya pengelolannya
menjadi lebih rumit dan cukup sulit. Agar lebih efisien, perlu dikoordinasikan
dan disederhanakan dengan baik guna memastikan tidak ada duplikasi usaha dan
tetap dijaga agar konten selalu diperbarui. Beberapa pertimbangan dalam
melaksanakan langkah keempat ini adalah a) apakah memliki banyak informasi yang
akan disebarkluaskan secara kontinyu?, b) bagaimana proses editorial dan
pengendaliannya dikelola?, c) bagaimana konten online dijaga tetap terbarui?,
d) bagaimana menyusun informasi sehingga
mudah ditemukan secara digital, misalnya menggunakan metadata, taksonomi, pengidentifikasi
digital, dll.?, e) Jika informasi berasal dari berbagai sumber, apakah akan
diklasifikan sama dengan informasi yang anda miliki?, f) jika sistem manajemen
konten tidak ada, apakah konten akan disesuaikan untuk setiap format?
Faktor penentu keberhasilan langkah keempat adalah memperlancar
sistem dan proses pengemasan informasi yang telah mapan merupakan faktor
penting untuk mengefisiensikan diseminasi multi channel. Hal ini tidak hanya
tentang teknologi baru, ada kemungkinan terjadi perubahan
budaya karena mereka menyesuaikan kerjanya dengan tuntutan baru.
Langkah Kelima: Efisiensi produksi multi-channel
Produksi Multi-channel bisa kompleks,
memakan waktu dan mahal, jika tanpa sistem dan proses yang tepat untuk mengelolanya secara efisien. Kecuali diseminasi
merupakan bisnis inti dan mungkin tidak memiliki
semua teknologi dan keahlian
untuk mengelola proses produksi. Beberapa pertimbangan dalam
melaksanakan langkah kelima adalah a) apakah anda
memiliki sistem manajemen konten yang dapat memperbarui penerbitan dan konten
web sekaligus?, b) Apakah memiliki
desain web sendiri
dan kemampuan sebagai penyelenggara dan pengembangan wen?, c) Apakah
memiliki sistem keamanan informasi untuk
memastikan semua informasi yang ditangani
aman?, d) Siapa yang merancang dan
mengembangkan produk elektronik, CD-ROM, situs, internet
& extranet, DVD dan e-book?, e) Apakah memiliki sdm desain grafis dan tim editorial untuk
buku cetak, laporan, dll?.
Faktor penentu
keberhasilan langkah kelima adalah manajemen proses produksi yang
efisien akan mengurangi keseluruhan biaya diseminasi
multi-format. Hal ini harus dicapai melalui kombinasi sistem
manajemen konten yang tepat dan proses produksi yang efisien. Jangan lupa untuk
menjaga akurasi dan konsistensi di beberapa format, informasi
yang diperbarui secara bersamaan berasal dari satu sumber. Hal ini penting untuk menjaga
tampilan yang konsisten di seluruh
format yang berbeda.
Langkah Keenam: Pengujian paket informasi
Sebelum mempublikasikan informasi, perlu dilakukan
pengujian terhadap paket informasi yang akan disebarkan guna mengetahui apakah
pengguna akhir dapat mengakses informasi dengan mudah. Beberapa pertimbangan
dalam melaksanakan langkah keenam adalah a) Apakah situs web sesuai dengan pedoman aksesibilitas?, b) Apakah
semua transaksi
online berfungsi, seperti registrasi online, pemesanan online,
form-form, dan pembayaran online?, c) Apakah paket media secara teknis dapat berfungsi
secara bersama dan memenuhi harapan pengguna akhir produk?
Faktor penentu keberhasilan langkah keenam adalah a) untuk
memasukkan periode pengujian dalam perencanaan proyek dan
b) mengidentifikasi masalah dan sekaligus mengoreksinya
guna mengetahui keberhasilan atau kegagalan paket informasi
yang disebarkan.
Jangan lupa a)
melakukan pengujian website kepada sekelompok kecil pengguna akhir untuk mengevaluasi
apakah mereka mudah mengakses informasi dan menavigasi situs, b) memeriksa apakah semua hyperlink bekerja dan cross-referenced
link merujuk ke
Informasi yang benar, dan c) Lihat kembali kebutuhan
pengguna akhir dan pastikan paket informasi memenuhi
kebutuhan mereka.
Bersambung
Sumber: http://www.tso.co.uk/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar