Langkah Ketujuh: Penerbitan dan memastikan kemudahan
memperoleh
Setelah membuat paket informasi, perlu dilakukan pengujian
apakah informasi mudah diakses oleh pengguna akhir dan mereka
tahu kapan dan di mana tersedia. Beberapa pertimbangan untuk langkah ketujuh adalah a) Apakah mempromosikan
publikasi baru kepada pedagang yang relevan, perantara, pustakawan dll?, b) Apakah yakin orang dapat menemukan publikasi
anda dengan membuat catatan bibliografi,
mendaftarkan ke penerbit ISBN, pengidentifikasi digital?,
c) Apakah telah mendaftarkan situs ke mesin
pencari utama Google, Yahoo/Bing, dll?.
Faktor penentu keberhasilan langkah ketujuh adalah a) memastikan
bahwa pengguna akhir dapat menemukan informasi dengan mudah dan b) menemukan informasi secara online, bukan hanya ketika pertama
kali diterbitkan, namun selama periode waktu tertentu.
Langkah kedelapan: Diseminasi multi-channel
Memastikan bahwa informasi anda dapat
mencapai khalayak target berarti anda harus memiliki berbagai
saluran untuk perantara maupun pengguna
akhir. Bahkan jika Informasi
tersebut gratis untuk pelanggan melalui
pelayanan perpustakaan, pustakawan
masih harus membeli publikasi tersebut melalui
penjual. Beberapa pertimbangan langkah kedelapan adalah a) apakah
anda telah memasarkan publikasi ke perpustakaan, grosir buku, pengecer
buku, toko buku online,
dsb?, b) apakah anda memiliki agen pemasaran atau agen pemasaran eksternal?, c) apakah memiliki agen
lapangan untuk membangun hubungan pelanggan dengan toko buku?, d) apakah
memiliki tim layanan pelanggan?.
Faktor penentu keberhasilan langkah kedelapan adalah memilih saluran diseminasi berdasarkan
pengetahuan anda tentang dimana dan bagaimana pengguna akhir mudah mengakses informasi.
Hal ini penting, mengingat bahwa produk
media yang berbeda (cetak, elektronik,
maupun online) membutuhkan beragam penyebaran
dan keterampilan pemasaran.
Langkah kesembilan: Layanan
pelanggan dan distribusi
Apakah pengguna akhir perlu copy cetak, CD-ROM, lisensi
jaringan, atau DV, mereka membutuhkan pelayanan untuk menampung pertanyaan tentang produk,
memesan dengan mudah, dan layanan
pengiriman cepat. Sementara itu,
perlu pengelolaan yang efisien untuk informasi tercetak, penyimpanan,
distribusi buku, laporan dan leaflet. Beberapa pertimbangan langkah kesembilan
adalah a) Apakah anda memiliki pelayanan pelanggan sendiri untuk memenuhi pesanan? Jika
tidak, bagaimana hal
ini akan dikelola?, b) Apakah anda
memiliki jaringan distribusi sendiri
atau menggunakan pemasok eksternal?, c) Di mana anda akan menyimpan
publikasi tercetak?, Jika menyewa gudang berapa biayanya?.
Faktor penentu keberhasilan langkah kesembilan adalah bahwa layanan yang ditawarkan harus cepat dan handal serta didukung dengan manajemen stok yang efektif. Ini akan memastikan retensi pelanggan dan dapat mengurangi biaya pergudangan.
Langkah 10: Evaluasi dan manajemen
penerbitan berkelanjutan
Mengoptimalkan diseminasi multi-channel perlu dilakukan
review terhadap proses penerbitan secara kontinyu untuk menyesuaikan
dengan perubahan kebutuhan pengguna akhir dan perkembangan teknologi informasi.
Beberapa pertimbangan langkah kesepuluh adalah a) siapa yang bertanggung jawab
untuk memantau perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk
menyebarkan informasi dengan format media terbaru?, b) apakah
sistem manajemen penerbitan anda memenuhi permintaan pengguna akhir yaitu cepat
dan akurat?, c) apakah ada mekanisme untuk menampung umpan balik dari pengguna
akhir tentang komentar terhadap publikasi?, d) apakah telah membentuk kelompok
pengguna untuk mengevaluasi keberhasilan penyebaran informasi?, e) sampai sejauh mana kegiatan pemasaran dan
penjualan dievaluasi?, f) siapa yang bertanggung jawab terhadap pencapaian
tujuan penyebaran informasi?, g) apakah Anda memiliki sumber daya untuk menjaga dan memperbarui layanan pelanggan?.
Faktor penentu
keberhasilan pada langkah kesepuluh adalah bahwa penerbitan untuk memudahkan
akses merupakan pemahaman terhadap kebutuhan pengguna akhir dan menselaraskan
paket informasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Untuk mencapai hal ini, proses evaluasi harus bereaksi dan memprediksi
adanya perubahan lingkungan informasi, serta mengetahui bagaimana hal itu
akan berdampak pada permintaan pengguna
akhir dan pengiriman yang diharapkan.
Sumber: http://www.tso.co.uk/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar