Social Icons

Pages

Minggu, 04 Januari 2015

Penerbitan untuk kemudahan akses: Sepuluh Langkah Untuk Menilai Diseminasi Multi Channel Anda (Bag. 3)



Langkah Ketujuh: Penerbitan dan memastikan kemudahan memperoleh
Setelah membuat paket informasi, perlu dilakukan pengujian apakah informasi mudah diakses oleh pengguna akhir dan mereka tahu kapan dan di mana tersedia. Beberapa pertimbangan untuk langkah ketujuh adalah a) Apakah mempromosikan publikasi baru kepada pedagang yang relevan, perantara, pustakawan dll?, b) Apakah yakin orang dapat menemukan publikasi anda dengan membuat catatan bibliografi, mendaftarkan ke penerbit ISBN, pengidentifikasi digital?, c) Apakah telah mendaftarkan situs ke mesin pencari utama Google, Yahoo/Bing, dll?.

Faktor penentu keberhasilan langkah ketujuh adalah a) memastikan bahwa pengguna akhir dapat menemukan informasi dengan mudah dan b) menemukan informasi secara online, bukan hanya ketika pertama kali diterbitkan, namun selama periode waktu tertentu.


Langkah kedelapan: Diseminasi multi-channel
Memastikan bahwa informasi anda dapat mencapai khalayak target berarti anda harus memiliki berbagai saluran untuk perantara maupun pengguna akhir. Bahkan jika Informasi tersebut gratis untuk pelanggan melalui pelayanan perpustakaan, pustakawan masih harus membeli publikasi tersebut melalui penjual. Beberapa pertimbangan langkah kedelapan adalah a) apakah anda telah memasarkan publikasi ke perpustakaan, grosir buku, pengecer buku, toko buku online, dsb?, b) apakah anda memiliki agen pemasaran atau agen pemasaran eksternal?, c) apakah memiliki agen lapangan untuk membangun hubungan pelanggan dengan toko buku?, d) apakah memiliki tim layanan pelanggan?.

Faktor penentu keberhasilan langkah kedelapan adalah memilih saluran diseminasi berdasarkan pengetahuan anda tentang dimana dan bagaimana pengguna akhir mudah mengakses informasi. Hal ini penting, mengingat bahwa produk media yang berbeda (cetak, elektronik, maupun online) membutuhkan beragam penyebaran dan keterampilan pemasaran.

Langkah kesembilan: Layanan pelanggan dan distribusi
Apakah pengguna akhir perlu copy cetak, CD-ROM, lisensi jaringan, atau DV, mereka membutuhkan pelayanan untuk menampung  pertanyaan tentang produk, memesan dengan mudah, dan layanan pengiriman cepat. Sementara itu, perlu pengelolaan yang efisien untuk informasi tercetak, penyimpanan, distribusi buku, laporan dan leaflet. Beberapa pertimbangan langkah kesembilan adalah a) Apakah anda memiliki pelayanan pelanggan sendiri untuk memenuhi pesanan? Jika tidak, bagaimana hal ini akan dikelola?, b) Apakah anda memiliki jaringan distribusi sendiri atau menggunakan pemasok eksternal?, c) Di mana anda akan menyimpan publikasi tercetak?, Jika menyewa gudang berapa biayanya?.
 
Faktor penentu keberhasilan langkah kesembilan adalah bahwa layanan yang ditawarkan harus cepat dan handal serta didukung dengan manajemen stok yang efektif. Ini akan memastikan retensi pelanggan dan dapat mengurangi biaya pergudangan.

Langkah 10: Evaluasi dan manajemen penerbitan berkelanjutan
Mengoptimalkan diseminasi multi-channel perlu dilakukan review terhadap proses penerbitan secara kontinyu untuk menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan pengguna akhir dan perkembangan teknologi informasi. Beberapa pertimbangan langkah kesepuluh adalah a) siapa yang bertanggung jawab untuk memantau perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi dengan format media terbaru?, b) apakah sistem manajemen penerbitan anda memenuhi permintaan pengguna akhir yaitu cepat dan akurat?, c) apakah ada mekanisme untuk menampung umpan balik dari pengguna akhir tentang komentar terhadap publikasi?, d) apakah telah membentuk kelompok pengguna untuk mengevaluasi keberhasilan penyebaran informasi?, e) sampai sejauh mana kegiatan pemasaran dan penjualan dievaluasi?, f) siapa yang bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan penyebaran informasi?, g) apakah Anda memiliki sumber daya untuk menjaga dan memperbarui layanan pelanggan?.

Faktor penentu keberhasilan pada langkah kesepuluh adalah bahwa penerbitan untuk memudahkan akses merupakan pemahaman terhadap kebutuhan pengguna akhir dan menselaraskan paket informasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.  Untuk mencapai hal ini, proses evaluasi harus bereaksi dan memprediksi adanya perubahan lingkungan informasi, serta mengetahui bagaimana hal itu akan berdampak pada permintaan pengguna akhir dan pengiriman yang diharapkan.

Sumber: http://www.tso.co.uk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates